INSTRUMEN SUPERVISI PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH
Nama Sekolah :
.......................................................................................
.
Nama Kepala Sekolah :
.......................................................................................
.
Pangkat Golongan :
.......................................................................................
.
Mata Pelajaran :
.......................................................................................
.
Jumlah jam Tatap Muka : .......................................................................................
.
NO
|
SUB KOMPONEN DAN BUTIR KOMPONEN
|
KONDISI
|
SKOR
NILAI
|
KETERANGAN
|
||||
Ya
|
Tidak
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
I
|
PROGRAM PERENCANAAN KERJA SEKOLAH
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Ada
visi dan misi sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Ada
tujuan sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Ada
rencana kerja jangka pendek (1 tahun) dan Rencana Kerja Jangka Menengah 4
(empat) yang mencakup 8 SNP.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Program
Standar Isi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Program
Standar Proses
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. Program
Standar kompetensi Lulusan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. Program
Standar Kompetensi Sarana dan prasarana.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8. Program
Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9. Program
Standar Pengelolaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10. Program
Standar pembiayaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11. Program
Standar penilaian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II
|
PELAKSANAAN RENCANA KERJA
|
|
|
|
|
|
|
|
Ada pedoman Sekolah, yang berisi:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12. Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13. Kalender
Pendidikan /akademik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14. Struktur
organisasi sekolah/madrasah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15. Pembagian
tugas diantara guru;
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16. Pembagian
tugas diantara tenaga kependidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17. Peraturan
akademik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18. Tata
tertib Sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19. Kode
etik sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20. Biaya
operasional sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21. Penggunaan
laboratorium, perpustakaan ,dan fasilitas lainnya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22. Ada
struktur organisasi Sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23. Ada
pelaksanaan kegiatan sekolah sesuai dengan rencana kerja sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24. Ada
pelaksanaan kegiatan kesiswaan mencakup: Seleksi penerimaan peserta
didik,memberikan layanan konseling, melaksanakan
kegiatan ekstrkurikuler, melakukan pembinaan prestasi unggulan dan pelacakan
terhadap alumni.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25. Pelaksanaan
Bidang kurikulum ada TPK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26. Ada
penyusunan KTSP yang melalui 7 tahap beserta dokumen KTSP.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27. Ada
kalender Akademik sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28. Ada
program pengelolaan pembelajaran yang didasarkan pada standar isi, SKL,
Standar Proses dan Standar Penilaian.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29. Ada
penilaian hasil belajar peserta didik.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30. Ada
pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan meliputi (pembagian tugas,
sistem penghargaan,promosi dan , penempatan,pengembangan serta mutasi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31. Pengelolaan
sarana dan prasarana mencakup program perencanaan , evaluasi program,
fasilitas pembelajaran, skala prioritas, program pemeliharaan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32. Ada
RKAS yang berdasarkan 8 SNP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33. Memelihara
budaya dan lingkungan sekolah serta pendidikan karakter bangsa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34. Ada
peran serta masyarakat dan komite sekolah.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III
|
PENGAWASAN DAN EVALUASI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35. Ada
Program Pengawasan dan evaluasi
|
|
|
|
|
|
|
|
36. Program
pengawasan berisi program supervisi (guru dan tendik),program pemantauan,evaluasi,pelaporan
dan tindak lanjut.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37. Ada
evaluasi diri kinerja sekolah dalam melaksanakan 8 SNP melalui analisis SWOT
dalam pengembangan KTSP.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38. Ada
evaluasi pendayagunaan Pendidik dan tenaga kependidikan mencakup kesesuaian
penugasan ,keseimbangan beban kerja,
kinerja pendidik/ tenaga pendidik dalam melaksanakan tugas ,pencapaian
prestasi pendidik/tendik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV
|
39. AKREDITASI
SEKOLAH
|
|
|
|
|
|
|
|
40. Kepemimpinan
sekolah yang dapat meningkatkan SDM kependidikan yang profesional, manajemen
yang efektif dan profesional, lingkungan pendidikan yang kondusif, dan mampu
membangun kepercayaan kepada masyarakat.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V
|
41. SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Mengelola Sistem informasi manajemen yang
memadai untuk mendukung administrasi pendidikan yang efektif ,efisien dan
akuntabel.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Menyediakan fasilitas informasi yang
efisien,efektif dan mudah diakses.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Mengembangkan komunikasi antar warga sekolah
dilingkungannya secara efisien dan efektif dengan menggunakan media dan
teknik komunikasi : siaran radio, TV
lokal, stiker dan kalender, poster , perlombaan, leaflet, dialog langsung,
home visit,partisipasi dalam kegiatan masyarakat dan penggunaan website atau
blog.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR
Skor Max = 100
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
|
Nilai Akhir = ( Skor Perolehan x 100% ) : Skor Maximal
Ketercapaian : 86 % - 100 % = Baik sekali
70 % - 85 % =
Baik
55% -
69 % = Cukup
Dibawah 55 % =
Kurang
TINDAK LANJUT :
Pengawas Pembina
...............,..........................20....
Kepala
Sekolah,
.......................................... .............................................
Nip: Nip
: :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar