Selasa, 29 Desember 2009

KATA PENGANTAR

PENGANTAR

Akhir-akhir ini sosiologi menjadi ilmu sosial yang makin disukai banyak orang . Mengapa, karena sosiologi dipandang sebagai ilmu yang dapat menjelaskan secara mendalam tentang kehidupan sosial dan perilaku manusia sebagai makluk social dalam masyarakat (sociologi is the scientific studi of human societies and social bihavior).

Menyimak sebagian besar definisi sosiologi maka sekurang-kurangnya dapat diketahui bahwa sosiologi sebagai suatu ilmu memiliki tiga syarat utama, pertama, sosiologi sebagai scientific study karena dia mempunyai struktur keilmuan yang sama dengan ilmu-ilmu pada umumnya , khususnya ilmu sosial seperti metodologi keilmuan yang terorganisir serta menampilkan perspektif dan paradigma yang menjelaskan obyek studinya. Kedua, human societies, sosiologi sebagi ilmu mempunyai kemampuan untuk menjelaskan seluruh kehidupan dan pengalaman kehidupan masyarakat mulai dari interaksi antara individu, kelompok, komnitas dan hinga ke interaksi sosial dalam masyarakat. Ketiga, social bihavior, sosiologi berkemampuan untuk menjelaskan seluruh struktur perilaku individu dan kelompok dalam konteks kehidupan sosial bersama. Jadi sosiologi memberikan kemampuan bagi kita untuk menerangkan dan bahkan membangun visi baru tentang kehidupan masyarakat dalam suatu konteks sosial dimana manusia itu mempengaruhi kehidupan manusia.

Disini sebenarnya tugas utama para sosiolog adalah berusaha sedapat mungkin menelusuri apa yang terjadi dan bakal terjadi dalam suatu “lokasi sosial” tertentu melalui pertanyaan ”How gruops influence people, especially how people are influenced by their society?” Sociologist look at social location to find out why people do what they do.

Dengan pendasaran itu, buku sosiologi yang ditulis Sdr. Tiburtius Gunawan, Guru SMAK Giovanni Kupang ini menjadi sangat menarik untuk ditelaah. Pertama, karena penulisnya merupakan seorang sarjana sosiologi sehingga mempunyai kapasitas untuk menulis dan mengajarkan sosiologi, dan oleh karena itu dia mampu membahas sosiologi dan memperkenalkannya sebagai ilmu social yang penting untuk diketahui oleh suatu generasi sejak awal. Kedua, penulisnya mampu dengan cara yang mudah memaparkan seluruh “conten” buku ini dengan alur pemikiran mulai dari perkenalan terhadap konsep hingga memperkenalkan para tokoh sosiologi serta beberapa pedoman praktis untuk mendalami sosiologi. Ketiga, struktur buku ini sangat menarik karena penulis menampilkan selain uraian yang singkat, padat dan jelas maka penulis membantu para siswa dengan menampilkan bagan materi pada awal setiap bab lalu diakiri dengan glosarium dan latihan soal-soal dari bab yang sudah dibaca.

Saya harus mengucap rasa hormat bagi penulis buku ini karena sebagai seorang guru, dia telah berusaha untuk menjadi guru profesional dalam bidang yang dia tekuni selama ini. Saya berharap buku ini menjadi rujukan bagi para siswa SMA/MAN di tanah air Indonesia, khususnya di Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Kupang, 2 Mei 2009

Prof. Dr. Alo Liliweri, M.S.

Guru Besar Ilmu Komunikasi Lintas Budaya
Universitas Nusa Cendana Kupang/
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar