Senin, 07 Desember 2009

SOAL KLS X BAB 1

SMAK GIOVANI KUPANG
Jln. Jend. A.Yani No. 48.
Telp. (0380)-832387.
EVALUASI BELAJAR TAHAP BLOK I SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2006-2007

LEMBARAN SOAL.

MATA PELAJARAN : SOSIOLOGI
KELAS/PROGRAM : X UMUM
HARI / TANGGAL :
WAKTU : 90 Menit.

PETUNJUK : Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang dianggap benar.

1. Pada awal kemunculan sosiologi abad 18,August Comte mengadakan penelitia terhadap perubahan masyarakat Eropa karena gejolak Revolusi Industri dan Revolusi Perancis dengan menemukan istilah sosiologi , berarti…..
a. menceriterakan perubahan. d. ilmu sosial.
b. ilmu perubahan. e. menceriterakan masyarakat.
c. perubahan masyarakat.
2. Perhatikan pernyataan berikut ini.
1. etimologis.
2. theologis.
3. methafisis.
4. positif
5. negatif.
Yang termasuk hukum tiga tahap dalam masyarakat, menurut Auguste Comte dari pernyataan diatas adalah,
a. nomor 1-2-3. d. nomor 2-3-4 .
b. nomor 1-3-4. e. nomor 2-3-5.
c. nomor 1-3-5.
3. Pendekatan para ilmuwan sosial pada abad 19 di Eropa terhadap sosiologi cendrung makro, maksudnya adalah.
a. mengkaji masyarakat menurut cirikhas secara kusus dari masyarakat Eropa.
b. mengkaji masyarakat menurut fakta demi fakta sosial yang terjadi di Eropa.
c. mengkaji perubahan masyarakat menurut cirikhas secara keseluruhan masyarakat Eropa. .
d. mengkaji perubahan struktur masyarakat Eropa.
e. mengkaji perubahan masyarakat secara keseluruhan diseluruh dunia.
4. Kelahiran sosiologi moderen baru terjadi di Amerika pada awal abad 20 yang ditandai pendekatan terhadap
masyarakat dari fakta demi fakta sosial yang terjadi dalam ma –syarakat moderen, pendekatan ini disebut ……
a. makro. d. mikro.
b. global. e. kusus.
c. keseluruhan.
5. Produk yang dihasilkan dari hubungan atau interaksi antar sesama manusia adalah
a. mobilitas sosial. d. sisten sosial.
b. produktifitas. e. nilai dan norma sosial.
c. struktur sosial.

6. Bapak sosiologi Indonesia adalah …..
a. Selo Soemardjan. d. Auguste Comte.
b. Soelaeman Soemardi. e. Mayor Polak.
c. Hassan Shadily.
7. Yang bukan termasuk obyek sosiologi pada pernyataan berikut adalah…..
a. hubungan timbal balik antara manusia dan manusia lain.
b. tujuan hidup masyarakat.
c. hubungan individu dengan kelompok.
d. hubungan kelompok dengan dengan kelompok.
e. sifat dan ciri kelompok sosial.
8. Perhatikan pernyataan berikut.
1. kedudukan dan peran sosial.
2. hubungan sosial.
3. gerakan sosial.
4. nilai dan norma sosial.
5. masalah-masalah sosial.
Yang termasuk dalam ruang lingkup sosiologi dari pernyataan diatas adalah…..
a. nomor 1-2-3. d. nomor 2-3-4.
b. nomor 1-3-4 e. nomor 3-4-5
c. nomor 1-4-5.
9. Lahirnya sosiologi di Indonesia pada tahun 1950, bersamaan dengan kembalinya beberapa orang Indonesia
yang belajar sosiologi di luar negri seperti nama-nama berikut ini, kecuali……
a. Mayor Polak. d. Soedjono Soekanto.
b. Hassan Ahadily. e. Selo Soemardjan.
c. Soelaeman Soemardi.
10. Meningkatkan daya dan kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sebagai;
a. obyek sosiologi. d. fungsi sosiologi.
b. ciri sosiologi. e. tujuan sosiologi.
c. ruang lingkup sosiologi.
11. Dikota-kota besar maraknya anak-anak jalanan yang sering dijumpai dipersimpangan jalan sebagai akibat
dari masalah ekonomi keluarga. Keberadaan anak jalanan tidak dapat dikatakan buruk, sosiologi sebagai ilmu
pengetahuan hanya berusaha menjelaskan keberaadaan anak jalanan, karena berdasarkan cirinya yaitu…..
a. empiris d. teoritis
b. komulatif e. rasional.
c. nonetis.
12. Yang tidak termasuk ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan adalah
a. empiris d. komulatif
b. nonetis e. teoritis
c. rasionalitas.
13. Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan bersifat empiris didasarkan pada
a. baik dan buruknya kenyataan di masyarakat.
b. teori-teori yang sudah ada sebelumnya.
c. observasi atau pengamatan kenyataan dimasyarakat dan masuk akal.
d. usaha untuk menyusun abstraksi dari hasil pengamatan.
e. cara menerapkan teori di masyarakat.

14. Metode atau cara kerja untuk menjelaskan fakta-fakta sosial disebut metode….
a. historis. d. kuantitatif.
b. komparatif. e. induktif.
c. kualitatif.
15. Perhatikan pernyataan berikut.
1. metode empiris.
2. metode historis.
3. metode statistik.
4. metode sosiometri.
5. metode komparatif.
6. metode deduktif.
Yang termasuk bagian dari metode kuantitatif dalam pernyataan diatas adalah….
a. nomor 1 – 2. d. nomor 4 - 5.
b. nomor 2 – 3. e. nomor 5 – 6.
c. nomor 3 – 4.
16. Peneliti langsung mengadakan penelitian terhadap perilaku masyarakat kemudian hasil penelitian tersebut
disimpulkan secara umum. Jenis penelitian ini menurut Soejono Soekanto menggunakanmetode…….
a. rasionalitas. d. empiris.
b. deduktif. e. induktif.
c. komparatif.
17. Perang Dunia I dan Perang Dunia II secara sosiologis dipandang sebagai fenomena sosial yang
memuat konflik. Dari pernyataan ini sosiolgi mempunyai hubungan dengan ilmu lain yaitu…….
a. politik. d. sejarah.
b. ekonomi. e. antropologi.
c. psykologi.
18. Sosiologi disusun berdasarkan teori-teori yang sudah ada, karena itu sosiologi sebagai ilmu sosial yang berciri
a. empiris. d. teoirtis.
b. rasionalitas. e. independen.
c. komulatif.
19. Sosiologi mempunyai hubungan dengan antropologi karena sama-sama mempelajari..
a. asal-usul manusia. d. kejiwaan manusia.
b. perilaku sosial. e. kekuasaan negara.
c. perilaku oroduktif manusia.
20. Ilmu-ilmu pengetahuan berikut ini yang tid ak mempunyai hubungan dengan sosiologi
a. fisika. d. sejarah.
b. ekonomi. e. politik.
c. antropologi.
21. Kita dapat mengenal diri kita sendiri dalam konteks hubungan dengan sesama baik secara individu maupun
kelompok, dalam hal ini manfaat mempelajari sosiologi adalah memberikan pengetahuan tentang…..
a. pola-pola interaksi sosial. d. pola-pola kebutuhan manusia.
b. hubungan dengan Pencipta. e. hubungan dengan alam.
c. hubungan manusia dengan kekuatan gaib.
22. Guru yang sedang mengajar didepan kelas . Pernyataan ini menunjukkan hubungan sosial antara...
a. kelompok dengan kelompok. d. Individu dengan individu.
b. individu dengan kelompok. e. elemen masyarakat.
c. kelas atas dan kelas menengah.
23. Perhatikan pernyataan berikut.
1. belajar
2. memimpin
3. kepala sekolah.
4. Pemimpin perusahaan.
5. mengajar.
6. berkelahi.
Dari pernyataan diatas yang menunjukkan status sosial adalah…..
a. nomor 1 – 2 d. nomor 4 – 5
b. nomor 2 – 3 e. nomor 5 – 6
c. nomor 3 – 4
24. Dengan mempelajari sosiologi memberikan pemahaman akan nilai dan norma sosial serta memahami
perbedaan yang ada di masyarakat , sehingga akan mengurangi timbulnya …….
a. integrasi sosial. d. konflik sosial.
b. kerja sama. e. akomodasi.
c. gotong royong.
25. Yang tidak termasuk dalam manfaat mempelajari sosiologi pada pernyataan berikut adalah…
a. memahami nilai dan norma sosial.
b. memahami pola-pola interaksi sosial.
c. mengkaji status dan peran sosial serta perbedaan dalam masyarakat.
d. membantu untuk dapat mengendalikan diri dalam berprilaku sosial.
e. perkembangan dan pertumbuhan kejiwaan masyarakat.
26. Manfaat mempelajari sosiologi bagi generasi penerus bangsa ini adalah, supaya…..
a. Tanggap terhadap segala gejala alam ini.
b. Tanggap dan kritis terhadap perubahan kondisi buni ini.
c. Tanggap ,kritis dan rasional terhadap gejala-gejala sosial yang semakin kompleks.
d. mementukan kebijakan dalam memecahkan masalah sosial.
e. terlibat dalam memutuskan persoalan negara.
27. Sejumlah kegiatan dari sejumlah orang yang hubungannya timbal balik dan bersifat konstan disebut…..
a. kelompok sosial. d. sistem sosial.
b. perkumpulan. e. Organisasi sosial.
c. sosialisasi.
28. Perhatikan pernyataan berikut:
1. OSIS
2. Organisasi politik.
3. Kabinet.
4. Perseroan Terbatas
5. Kelompok Arisan.
6. Geng anak muda.
Yang termasuk kelompok sosial dalam pernyataan diatas adalah…..
a. Nomor 1 – 2 d. nomor 4 – 5
b. nomor 2 – 3 e. nomor 5 – 6
c. nomor 3 – 4



29. Sinetron atau film yang ditayangkan di layar TV dituliskan untuk umur 17 tahun keatas.Pernyataan untuk
umur 17 tahun keatas menunjukkan…..
a. Kelompok sosial. d. kategori sosial.
b. Organisasi sosial. e. struktur sosial.
c. sistem sosial.
30. Disekolah terdapat sejumlah peraturan yang tersistimatis yang dibuat untuk mengatur tingkahlaku
warga sekolah untuk tercipta keteraturan sekolah. Peraturan sekolah yang tersistim itu disebut…...
a. Status sosial. d. Peranan sosial.
b. dinamika sosial e. kategori sosial.
c. Pranata sosial.
31. Didalam realitas sosial juga terdapat interaksi sosial yang mengandung dua syarat yaitu..
a. kontak dan komunikasi. d. deduktif dan induktif.
b. kualitatif dan kuantitatif. e. lisan dan tulisan.
c. Indifidu dan kelompok.
32. Yang tidak termasuk organisasi formal dibawah ini adalah……
a. keluarga. d. PMI
b. Pramuka. e. OSIS.
c. TNI.
33. Perhatikan pernyataan dibawah ini.
1. mengajar dan belajar
2. membantu orang tua.
3. Ayah dan ibu.
4.. Om dan tanta.
5. guru dan siswa.
. 6. Kakak dan adik
Yang termasuk dalam peran sosial dari pernyataan diatas adalah……
a. nomor 1 – 2 d. nomor 4 – 5
b. nomor 2 – 3 e. nomor 5 – 6
c. nomor 3 – 4
34. Siswa wajib belajar dan juga mengikuti berbagai peraturan sekolah. Pernyataan ini menunjukkan hubungan..
a. Pranata, kedudukan dan peran. d. kelompok dan perkumpulan.
b. kedudukan dan OSIS. e. Peraturan dan pranata
c. kelompok dan pranata.
35.Prinsip-prinsip kaitan unsur pranata, kedudukan dan peranan sosial dalam masyarakat disebut…
a. struktur sosial. d. golongan sosial.
b. sistem sosial. e. pandangan sosial.
c. dinamika sosial.
36. Berkeluarga merupakan ikatan perkawinan yang disebut …..
a. Batih. d. ekstendit family.
b. consanguinal kin. e. konjugal.
c. Nuclear family.
37. Seorang suami tidak hanya mempunyai ikatan dengan istri tetapi juga dengan anggota kerabat/f am keluarga
istri , hubungan kekerabtan ini disebut…..
a. hubungan lintas kin istri. d. affinal kin.
b. consanguinal kin. e. hubungan lintas kin suami.
c. konjugal.
38. yang tidak termasuk dalam unsur-unsur kesatuan sistem kelompok menurut Koentjara Ningrat adalah……
a. sistem norma yang mengatur perilaku warga kelompok.
b. Kepribadian kelompok.
c. kekuasan dalam kelompok.
d. ada interaksi sosial didalam kelompok.
e. ada pengaturan tentang produksi, konsumsi dan pusaka.
39. Unit sosial yang terbentuk dari beberapa keluarga yang mempunyai hubungan darah disebut …..
a. primery group. d. kekerabatan atau marga.
b. secondary group. e. kelompok.
c. organusasi sosial.
40. Perhatikan pernyataan dibawah ini.
1. Afinal Kin
2. konjugal
3. Corporate Kin Groups.
4. Occasional Kin Groups
5. Circumscriptive Kin Groups
Yang termasuk dalam kelompok kekerabatan atau marga menurut G. P. Murdock adalah…..
a. nomor 1-2-3 d. nomor 2-3-4
b. nomor 1-3-4 e. nomor 3-4-5
c. nomor 1-4-5
41. Kesatuan sosial yang terdiri dari ayah, ibu dan anak disebut……
a. kekerabtan. d. suku
b. organisasi sosial. e. somah atau batih.
c. nuklear fanily.
42. Sistem kekerabatan mengikuti garis keturunan ayah dan ibu secara bersama-sama disebut kekerabatan…….
a. uniteral. .d. Patrilineal.
b. matrilineal e. bilateral.
c. unilateral.
43. Yang termasuk dalam kekerabatan matrilineal suku-suku dibawah ini adalah…..
a. Rote. d. Larantuka.
b. Bugis. e. Minangkabau.
c. Dayak.
44. Gambar bagan kekerabatan dibawah ini termasuk kekerabatan……
a. matrilineal. d. uniteral.
b. unilateral. e. Patrilineal.
c. bilateral



Laki-laki. (Bapa) perempuan(Ibu). saya(Anak)
45. Perahatikan gambar bagan berikut ini.

.laki-laki(Bapa) Perempuan(ibu)) Saya(anak)
Bagan diatas menunjukkan kekerabatan…….
a. Matrilineal. d. Patrilineal.
b. Unilateral e. Bilateral.
c. Lateral.
46. Keluarga sebagai sistem sosial alasanannya……
a. karena keluarga merupakan suatu organisasi yang dipimpin oleh seorang bapak.
b. arena keluarga merupakan satu kesatuan manuasia dari himpunan yang berbeda.
c. karena keluarga merupakan kesatuan sosial yang tercampur karakternya.
d. anggota keluarga harus hidup bersama.
e. karena terdiri dari sejumlah orang yang saling berhubungan secara timbal balik.
47. Keluarga sebagai suatu organisasi sosial karena terdiri dari sejumlah orang yang …..
a. mendapat pengakuan dari masyarakat.
b. berkumpul dalam satu rumah sampai mati.
c. hidup menurut hak dan kewajibannya masing-masing sebagai warga negara.
d. saling berhubungan menurut norma yang terinternalisasi dan terstruktur secara jelas.
e. harus memperoleh status dan peranan sosial sesuai dengan kemampuannya.
48. Keanggotaan dari seseorang sebagai warga negara umur 17 tahun keatas ditandai dengan .…
a. memiliki keturunan yang jelas dalam satu kerrabat.
b. memperoleh kehidupan yang pantas dan layak.
c. memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk)
d. perjuangan hidup untuk kepentingan negara.
e. penunjukan sikap kedewasaan untuk bertanggungjawab terhadap negara.
49. Didalam setiap keluarga memiliki kartu keluarga menunjukkan bahwa keluarga sebagai…
a. kelompok. d. kekerabatan
b. organisasi. e. tempat berlindung.
c. kumpulan orang-orang.
50. Pernyataan dibawah i

1 komentar: