PEMERINTAH KOTA
KUPANG
DINAS PENDIDIKAN
PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMS
Gateway: 081 337 975 552
|
||||||
PENILAIAN STANDAR PROSES PEMBELAJARAN
|
||||||
1. NamaGuru :.............................................
2. Nama Sekolah :.............................................
3. Mata Pelajaran :............................................
Berilahtanda cek (V) pada kolom skor (1, 2, 3) sesuai dengan kriteria yangtertera pada kolom
tersebut. Berikan catatan atau saran untuk perbaikan RPP sesuai penilaian Saudara.
Keterangan : A. 1. Tidak Ada, Tidak Lengkap, 3. Cukup Lengkap, 4.
Lengkap.
B. 1. TA=Tidak Ada, 2. Tidak Sesuai, 3. Cukup
sesuai, 4. sesuai
|
||||||
No
|
KOMPONEN STANDAR PROSE PEMBELAJARAN
|
Hasil penelaahan
dan Skor
|
catatan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
A
|
Komponen pendukung Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
|
TA
|
TL
|
CL
|
L
|
|
|
1. Kalender Pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
2. Program Tahunan
|
|
|
|
|
|
|
3. Program Semester
|
|
|
|
|
|
|
4 . program remidial
|
|
|
|
|
|
|
5. Program pengayaan
|
|
|
|
|
|
|
6. Silabus
|
|
|
|
|
|
7
|
KKM
|
|
|
|
|
|
|
8. Jadwal tatap muka /jurnal pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
9. Daftar hadir siswa
|
|
|
|
|
|
|
10. Daftar nilai sikap
|
|
|
|
|
|
|
11. Daftar nilai keterampilan
|
|
|
|
|
|
|
12. daftar nilai ulangan
|
|
|
|
|
|
|
13. Daftar nilai ulangan harian
|
|
|
|
|
|
|
14. Daftar nilai ulangan semester
|
|
|
|
|
|
|
15. buku guru
|
|
|
|
|
|
|
16. Buku siswa
|
|
|
|
|
|
|
17. Lembar kerja siswa
|
|
|
|
|
|
|
18. media pembelajaran
|
|
|
|
|
|
B
|
Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajana
|
|
|
|
|
|
1.
|
Identitas mata pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Terdapat satuan pendidikan,kelas, semester,program/program
keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran,
jumlah pertemuan
|
|
|
|
|
|
2.
|
Perumusan Indikator
|
TA
|
TS
|
CS
|
S
|
|
|
a. Kesesuaian dengan SKL, KI dan KD
|
|
|
|
|
|
|
b. Kesesuaian penggunaan kata kerja operasional
dengan kompetensi yang diukur
|
|
|
|
|
|
|
c.
Kesesuaian dengan aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
|
|
|
|
|
|
3.
|
Perumusan Tujuan Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
a. Kesesuaian dengan proses dan hasil belajar yang diharapkan tercapai
|
|
|
|
|
|
|
b. Kesesuaian dengan kompetensi dasar
|
|
|
|
|
|
4.
|
Pemilihan Materi Ajar
|
|
|
|
|
|
|
a. Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
b. Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
c. Kesesuaian dengan alokasi waktu
|
|
|
|
|
|
5.
|
Pemilihan Sumber Belajar
|
|
|
|
|
|
|
a. kesesuaian dengan ki dan kd
|
|
|
|
|
|
|
b.kesesuaian dengan materpembelajaran dan pendekatan
scientific
|
|
|
|
|
|
|
c.kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
|
|
|
|
|
6.
|
Pemilihan Media Belajar
|
|
|
|
|
|
|
a. Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
b. Kesesuaian dengan materipembelajarandan pendekatan scientific
|
|
|
|
|
|
|
c.Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
|
|
|
|
|
7.
|
Model Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
a.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
b.
Kesesuaian dengan pendekatan Scientific
|
|
|
|
|
|
8.
|
Skenario Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
a.
Menampilkan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup
dengan jelas
|
|
|
|
|
|
|
b.
Kesesuaian kegiatan dengan pendekatan scientific
|
|
|
|
|
|
|
c.
Kesesuaian penyajian dengan sistematika materi
|
|
|
|
|
|
|
d.
Kesesuaian alokasi waktu dengan cakupan materi
|
|
|
|
|
|
9.
|
Penilaian
|
|
|
|
|
|
|
a.
Kesesuaian dengan teknik dan bentuk penilaian autentik
|
|
|
|
|
|
|
b.
Kesesuaian dengan indikator pencapaian kompetensi
|
|
|
|
|
|
|
c.
Kesesuaian kunci jawabandengan soal
|
|
|
|
|
|
|
d.
Kesesuaian pedoman penskorandengan soal
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor
|
|
|
|
|
|
|
Skor
seluruh/ideal
|
|
|
|||
|
Prosentase
kinerja guru
|
|
|
Keterangan:
Hasil Penilaian =
.......................... x 100 = ...............
Komentar / Saran .................................................................................................................................
.................................................................................................................................
..........,
......................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru, Pengawas
Sekolah
........................................
.......................................
....................................... NIP.................................. NIP
.................................
NIP .................................
Catatan
:
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar