Selasa, 12 Oktober 2010

RPP SOS KLS XI

-->

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

SEKOLAH                              : SMAK GIOVANI
MATA PELAJARAN                : Sosiologi
KELAS / PROGRAM             : XI ( Sebelas ) / IPS 
ALOKASI WAKTU                  : 20 jam x 40 menit
SEMESTER                           : 1 ( Satu )

STANDAR KOMPETENSI :
Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan  mobilitas sosial

KOMPETENSI DASAR         :
Mendiskripsikan bentuk – bentuk struktur sosial dalam fenomena  kehidupan

INDIKATOR                            :
Mendiskripsikan diferensiasi sosial
Mendiskripsikan stratifikasi sosial
Mengidentifikasi diferensiasi soaial berdasarkan ras, etnis, agama dan  gender
Mengidentifikasi macam – macam kriteria stratifikasi sosial di dalam  masyarakat
Mendiskripsikan berbagai pengaruh diferensiasi dan stratifikasi sosial  yang terdapat di masyarakat kota
Membedakan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam  masyarakat

TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa mampu mendiskripsikan bentuk – bentuk struktur sosial dalam   fenomena kehidupan

MATERI PEMBELAJARAN   :
1.    Diferensiasi sosial
2.    Stratifikasi sosial
3.    Diferensiasi sosia berdasarkan ras, etnis, agama dan gender
4.    Macam – macam kriteria Stratifikasi sosial di masyarakat
5.    Pengaruh Diferensiasi sosia  dan Stratifikasi sosial di masyarakat
6.    Konsolidasi dan interseksi

METODE PEMBELAJARAN             :
1.    Diskusi Kelompok
2.    Tanya Jawab
3.    Penugasan Individu dan Kelompok
4.    Ceramah

LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.    Kegiatan Awal :
Memeriksa kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
a.    Apersepsi
b.    Motivasi
c.    Penjelasan korelasi materi sebelum dengan sekarang
2.    Kegiatan Inti                :
a.    Siswa dibagi dalam 4 kelompok
b.    Setiap kelompok dibagi tugas untuk :
Kelompok I            : Diferensiasi sosial
Kelompok II           : Stratifikasi sosial
Kelompok III          : pengaruh diferensiasi sosial dan stratifikasi sosial
Kelompok IV          : konsolidasi dan interseksi
c.    Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi
d.    Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil diskusinya
e.    Tanya jawab

3.    Kegiatan Akhir             :
a.    Siswa dan guru melakukan refleksi
b.    Siswa mendapatkan tugas untuk pembelajaran berikutnya

SUMBER PEMBELAJARAN / media
1.    Buku sosiologi penerbit Yudhistira
2.    Buku sosiologi penerbit Ganeca
3.    Media Masa
4.    Power point

PENILAIAN
1.    Teknik              : tes tertulis
2.    Bentuk Instrumen        : tes uraian
3.    Soal Instrumen            :
1)    Jelaskan perbedaan antara stratifikasi sosial dan diferensiasi sosial !
2)    Mengapa perbedaan jenis kelamin merupakan bentuk diferensiasi sosial ? Jelaskan !
3)    Sebutkan dan jelaskan tiga pola umum pelapisan kekuasaan menurut Mac Iver !
4)    Gambarkan suatu contoh hubungan interseksi antara tiga kelompok sosial yang berbeda
5)    Jelaskan hubungan konsolidasi pada masyarakat majemuk.
6)    T.Gunawan. sosiaologi kls xi. PNRI cabang Kupang 2010

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama























Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6









Aspek yang dinilai:
1.    Kemampuan menyampaikan pendapat.
2.    Kemampuan memberikan argumentasi.
3.    Kemampuan memberikan kritik.
4.    Kemampuan mengajukan pertanyaan.
5.    Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
6.    Kelancaran berbicara.
Penskoran:                                                    Jumlah skor:
A. Tidak Baik              Skor 1                         24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik            Skor 2                         18—23 = Baik
C. Cukup Baik                        Skor 3                         12—17 = Cukup
D. Baik                                     Skor 4                                    6—11 = Kurang
E. Sangat Baik     Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst










Keterangan:                                                                Rentang skor : 1—3
1.    Aktivitas dalam kelompok                                             2—15             = Sangat baik 
2.    Tanggung jawab individu                                               9—11              = Baik 
3.    Pemikiran                                                                       6—8                = Cukup         
4.    Keberanian berpendapat                                               3—5                = Kurang       
5.    Keberanian tampil
                                                                                                                                                                                               
Mengetahui   
Kepala SMAK Giovanni Kupang         




Rm.Stefanus Mau Pr.          
NIK:      11321112         
Kupang,   24 Juli  2010
Guru Mata pelajaran




TiburtiusGunawan,Sm,S.Sos
Nip.195611221986031005
                                                                                                                        



                                                                                                                                                                              
                                                                                                                                                                                     



                                                                                                                                                   


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

SEKOLAH                              : SMAK GIOVANNI KUPANG
MATA PELAJARAN               : Sosiologi
KELAS / PROGRAM                         : XI ( Sebelas ) / IPS 
ALOKASI WAKTU                  : 18 jam x 40 menit
SEMESTER                           : 1 ( Satu )

STANDAR KOMPETENSI    :
Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan  mobilitas sosial

KOMPETENSI DASAR         :
Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat 

INDIKATOR                            :
Mengidentifikasi berbagai konflik dalam masyrakat
Membedakan konflik dengan kekerasan
 Mengidentifikasi sebab – sebab terjadinya konflik dalam masyarakat
 Mengidentifikasi kekerasan dalam rumah tangga dalam rangka  membentuk keluarga Islami
Mengidentifikasi sebab – sebab konflik sosial berlatar belakang SARA di Surakarta

TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa mampu Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam   masyarakat

 
MATERI PEMBELAJARAN   :
1.    Berbagai konflik dalam masyarakat
2.    Konflik dan kekerasan
3.    Sebab – sebab terjadinya konflik dalam masyarakat
4.    Kekerasan dalam rumah tangga; definisi, jenis dan contohnya.
5.    Sebab – sebab konflik sosial berlatar belakang SARA di Surakarta

METODE PEMBELAJARAN             :
1.    Diskusi Kelompok
2.    Tanya Jawab
3.    Penugasan Individu dan Kelompok
4.    Ceramah

LANGKAH – LANGKAH  KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.    Kegiatan Awal :
Memeriksa kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
a.    Apersepsi
b.    Motivasi
c.    Penjelasan korelasi materi sebelum dengan sekarang

2.    Kegiatan Inti                :
a.    Tanya jawab tentang Konflik; definisi, sebab – sebab dan macam – macam
b.    Tanya Jawab tentang Konflik dan kekerasan
c.    Diskusi tentang konflik sosial
d.    Diskusi tentang Kekerasan dalam rumah tangga

3.    Kegiatan Akhir             :
a.    Siswa dan guru melakukan refleksi
b.    Siswa mendapatkan tugas untuk pembelajaran berikutnya

SUMBER PEMBELAJARAN /MEDIA           :
1.    Niniek Sri Wahyuni, Yusniati. 2004. Manusia dan Masyarakat. Jakarta : Ganeca Exact
2.    Tiem Sosiologi. 2004. Sosiologi Suatu Kajian Kehidupan Masyarakat 2. Jakarta : Yudhistira
3.    Siti Waridah Q. Sukardi. Isdiyono. Sosiologi 2. Jakarta : Bumi Aksara
4.    Bahan – Bahan Penyuluhan Pemerintahan 2004 Kota Surakarta Tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga
5.    POWER POINT
6.    T.Gunawan. sosiaologi kls xi. PNRI cabang Kupang 2010

PENILAIAN                             :
1.    Teknik              : tes tertulis
2.    Bentuk Instrumen        : tes uraian
3.    Soal Instrumen            :
1)    Jelaskan pengertian tentang konflik !
2)    Faktor – faktor apa sajakah yang menjadi sebab terjadinya konflik dalam masyarakat ?
3)    Jelaskan perbedaan antara konflik dengan kekerasan menurut analisamu !
4)    Mengapa konflik antar kelas sosial bisa terjadi ? Jelaskan !
5)    Manfaat apa saja yang bisa diperoleh dari adanya konflik ? Jelaskan !

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama




















Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6









Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.

Penskoran:                                                    Jumlah skor:
A. Tidak Baik              Skor 1                         24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik            Skor 2                                     18—23 = Baik
C. Cukup Baik            Skor 3                                     12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4                                     6—11 = Kurang
E. Sangat Baik            Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst







Keterangan:                                                                Rentang skor : 1—3
6.    Aktivitas dalam kelompok                                             2—15             = Sangat baik 
7.    Tanggung jawab individu                                               9—11              = Baik 
8.    Pemikiran                                                                       6—8                = Cukup         
9.    Keberanian berpendapat                                               3—5                = Kurang       
10.  Keberanian tampil         
Mengetahui   
Kepala SMAK Giovanni Kupang           




Rm.Stefanus Mau Pr.          
NIK:      11321112         
Kupang,   24 Juli  2010
Guru Mata pelajaran




Tiburtius Gunawan,SM,S.SOS
Nip.195611221986031005




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

SEKOLAH                              : SMA
MATA PELAJARAN                : Sosiologi
KELAS / PROGRAM             : XI ( Sebelas ) / IPS
 ALOKASI WAKTU                 : 16 jam x 40 menit
SEMESTER                           : 1 ( Satu )

STANDAR KOMPETENSI    :
Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan  mobilitas sosial

KOMPETENSI DASAR                     :
Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial

INDIKATOR                                        :
Membedakan jenis – jenis mobilitas sosial
Mendiskripsikan proses terjadinya mobilitas sosial
Mengidentifikasi danpak mobilitas sosial
 Mendiskripsikan permasalahan yang dihadapi pemerintah kota dalam  penanganan masalah sosial akibat mobilitas sosial

TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa mampu menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan  mobilitas sosial


MATERI PEMBELAJARAN   :
1.    Jenis – jenis mobilitas sosial
2.    Proses terjadinya mobilitas sosial
3.    Sebab – sebab terjadinya konflik dalam masyarakat
4.    Kekerasan dalam rumah tangga; definisi, jenis dan contohnya.
5.    Sebab – sebab konflik sosial berlatar belakang SARA di Surakarta

METODE PEMBELAJARAN             :
1.    Diskusi Kelompok
2.    Tanya Jawab
3.    Penugasan Individu dan Kelompok
4.    Ceramah

LANGKAH – LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.    Kegiatan Awal :
Memeriksa kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
a.    Apersepsi
b.    Motivasi
c.    Penjelasan korelasi materi sebelum dengan sekarang

2.    Kegiatan Inti                :
a.    Menjelaskan tentang definisi dan jenis – jenis mobilitas sosial
b.    Menjelaskan tentang proses terjadinya mobilitas sosial
c.    Menjelaskan tentang dampak mobilitas sosial
d.    Diskusi tentang perbedaan antara mobilitas vertikal dan horisontal
e.    Diskusi tentang masalah yang dihadapi pemerintah kota dalam menangani masalah sosial akibat mobilitas sosial

3.    Kegiatan Akhir             :
a.    Siswa dan guru melakukan refleksi
b.    Siswa mendapatkan tugas untuk pembelajaran berikutnya

SUMBER PEMBELAJARAN /MEDIA           :
1.    Tiem Sosiologi. 2004. Sosiologi Suatu Kajian Kehidupan Masyarakat 2. Jakarta : Yudhistira
2.    Sitorus M. 2000. Berkenalan dengan sosiologi 2. Jakarta : Erlangga
3.    POWER POINT
4.    T.Gunawan. sosiaologi kls xi. PNRI cabang Kupang 2010

PENILAIAN                             :
1.    Teknik                          : tes tertulis
2.    Bentuk Instrumen        : tes uraian
3.    Soal Instrumen            :
1)    Jelaskan pengertian mobilitas sosial !
2)    Bagaimanakah bentuk mobilitas sosial vertikal naik ?
3)    Jelaskan dengan contoh bahwa faktor individu sangat berperan terhadap terbentuknya mobilitas sosial !
4)    Jelaskan bentuk konsekwensi mobilitas sosial !





Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama




















Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6











Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.
Penskoran:                                                    Jumlah skor:
A. Tidak Baik              Skor 1                         24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik            Skor 2                                     18—23 = Baik
C. Cukup Baik            Skor 3                                     12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4                                     6—11 = Kurang
E. Sangat Baik            Skor 5

 

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst







Keterangan:                                                                Rentang skor : 1—3
11.  Aktivitas dalam kelompok                                             2—15             = Sangat baik 
12.  Tanggung jawab individu                                               9—11              = Baik 
13.  Pemikiran                                                                       6—8                = Cukup         
14.  Keberanian berpendapat                                               3—5                = Kurang       
15.  Keberanian tampil         
Mengetahui   
Kepala SMAK Giovanni Kupang           




Rm.Stefanus Mau,  Pr.        
NIK:      11321112         

Kupang,   24 Juli  2010
Guru Mata pelajaran




Tiburtius Gunawan,SM,S.Sos
Nip.195611221986031005

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

SEKOLAH                  : SMAK GIOVANNI
MATA PELAJARAN   : Sosiologi
KELAS / PROGRAM             : XI ( Sebelas ) / IPS 
ALOKASI WAKTU                  : 6 jam x 45menit
SEMESTER                           : 2 ( Dua )
STANDAR KOMPETENSI    :
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multi kultural

KOMPETENSI DASAR                     :
Mendiskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multi   kultural
INDIKATOR                                        :
Mengidentifikasi ciri – ciri masyarakat multi kultural
Mengidentifikasi faktor – faktor yang menyebabkan terbentuknya  masyarakat multi kultural

TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa mampu mengidentifikasi karakter masyarakat multi kultural

MATERI PEMBELAJARAN   :
1.    Ciri – ciri masyarakat multi kultural
2.    Faktor – faktor yang menyebabkan terbentuknya masyarakat multi kultural
METODE PEMBELAJARAN             :
1.    Diskusi Kelompok
2.    Tanya Jawab
3.    Penugasan Individu dan Kelompok
4.    Ceramah
LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal       :
Memeriksa kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
a.    Apersepsi
b.    Motivasi
c.    Penjelasan korelasi materi sebelum dengan sekarang
Kegiatan Inti                      :
a.    Menerangkan materi pokok melalaui peta konsep.
b.   Membagi siswa dalam  kelompok dengan membahas  tema : ciri-ciri dan factor terbentuk masyarakat multicultural
c.    Masing-masing Kelompok menggali materi dari berbagai sumber
d.    Setiap kelompok melaporkan hasil diskusi kelompok dalam diskusi pleno.
e.    Guru mengklarifikasi  ketika materi diskusi tidak terarah
      Kegiatan Akhir      :
Siswa dan guru melakukan refleksi

SUMBER PEMBELAJARAN /MEDIA      :

1.    Sosiologi pengantar
2.    Sosiologi Paket Kelas XI
3.    POWER POINT
4.    T.Gunawan, PNRI Cabang Kupang 2010.
   PENILAIAN                          :
1.    Teknik                          : tes tertulis
2.    Bentuk Instrumen        : tes uraian
3.    Soal Instrumen           
1.    apa yang dimaksudkan dengan masyarakat multicultural?
2.     jelaskan cirri-ciri dan fektor terbentuknya masyarakat multicultural?:
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama























Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6










Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.
Penskoran:                                                    Jumlah skor:
A. Tidak Baik              Skor 1                         24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik            Skor 2                                     18—23 = Baik
C. Cukup Baik            Skor 3                                     12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4                                     6—11 = Kurang
E. Sangat Baik            Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst







Keterangan:                                                                Rentang skor : 1—3
1.    Aktivitas dalam kelompok                                             2—15             = Sangat baik 
2.    Tanggung jawab individu                                               9—11              = Baik 
3.    Pemikiran                                                                       6—8                = Cukup         
4.    Keberanian berpendapat                                               3—5                = Kurang       
5.    Keberanian tampil                                                                                              , 21 Juli 2009      
Mengetahui   
Kepala SMAK Giovanni Kupang           




Rm.Stefanus Mau pr.          
NIK:      11321112         


Kupang,   24 Juli  2010
Guru Mata pelajaran




Tiburtiusgunawan,sm,s.sos
Nip.195611221986031005















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

SEKOLAH                              : SMA
MATA PELAJARAN               : Sosiologi
KELAS / PROGRAM             : XI ( Sebelas ) / IPS
 ALOKASI WAKTU                 : 3 jam x 45menit
SEMESTER                           : 2 ( Dua )

STANDAR KOMPETENSI    :
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multi kultural
KOMPETENSI DASAR                     :
Mendiskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multi   kultural

INDIKATOR                                        :
Mendeskripsikan keanekaragaman  suku bangsa  di Indonesia

TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa mampu menjelaskan  keanekaragaman  suku bangsa/ Kelompok social 
di Indonesia
MATERI PEMBELAJARAN   : Kelompok social dalam analisis sosiologis.

METODE PEMBELAJARAN             :
  1. Diskusi Kelompok
  2. Tanya Jawab
  3. Penugasan Individu dan Kelompok
  4. Ceramah

LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal       :
     Memeriksa kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
Apersepsi
Motivasi
Penjelasan korelasi materi sebelum dengan sekarang
Kegiatan Inti                      :
Menerangkan materi pokok melalaui peta konsep.
Diskusi kelompok dengan tema Kelompok social dalam analisis sosiologis. pertanyaan penuntun :

                 1.  apa yang dimaksudkan dengan kelompok social.

                 2. jelaskan arti  penting kelompok social dalam analisis sosiologis

Masing-masing Kelompok menggali materi dari berbagai sumber
Setiap kelompok melaporkan hasil diskusi kelompok dalam diskusi pleno.
Guru mengklarifikasi  ketika materi diskusi tidak terarah
      Kegiatan Akhir      :
Siswa dan guru melakukan refleksi

SUMBER PEMBELAJARAN /MEDIA           :

1.    Sosiologi pengantar

2.    Sosiologi Paket Kelas XI

3      .  POWER POINT
4       T.Gunawan, PNRI Cabang Kupang 2010

PENILAIAN                             :
  1. Teknik                         : tes tertulis
  2. Bentuk Instrumen       : tes uraian

Soal Instrumen           

      1. apa yang dimaksudkan dengan kelompok social.

     2. jelaskan arti  penting kelompok social dalam analisis sosiologi

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama
























Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6
1.
2.
3.
dst








Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.
Penskoran:                                                    Jumlah skor:
A. Tidak Baik              Skor 1                         24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik            Skor 2                                     18—23 = Baik
C. Cukup Baik            Skor 3                                     12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4                                     6—11 = Kurang
E. Sangat Baik            Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI





No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst







Keterangan:                                                                Rentang skor : 1—3
Aktivitas dalam kelompok                                             2—15             = Sangat baik 
Tanggung jawab individu                                               9—11              = Baik 
Pemikiran                                                                       6—8                = Cukup         
Keberanian berpendapat                                               3—5                = Kurang       
Keberanian tampil         
Kupang,   24 Juli  2010
Guru Mata pelajaran




Tiburtiusgunawan,sm,s.sos
Nip.195611221986031005
Mengetahui   
Kepala SMAK Giovanni Kupang    




Rm.Stefanus Mau pr.          
NIK:      11321112         














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

SEKOLAH                              : SMAK GIOVANNI  
MATA PELAJARAN               : Sosiologi
KELAS / PROGRAM             : XI ( Sebelas ) / IPS 
ALOKASI WAKTU                  : 3 jam x 40 menit
SEMESTER                           : 2 ( Dua )
STANDAR KOMPETENSI    :
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multi kultural
KOMPETENSI DASAR         :
Menganalisis keaneka ragaman kelompok sosial dalam masyarakat  multi kultural
INDIKATOR                                        :
    1.Menjelaskan tipe kelompok social dalam masyarakat multicultural.
    2. mendeskripsikan perkembangan kelompok social dalam masyarakat  multicultural.

TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa mampu mengidentifikasi tipe kelompok social dalam masyarakat multicultural
Siswa mampu mendeskripsikan perkembangan kelompok social dalam masyarakat  multicultural.
MATERI PEMBELAJARAN   :
      kelompok social dalam   masyarakat multicultura :
      tipe kelompok social dalam masyarakat multicultural.
      perkembangan kelompok social dalam masyarakat  multicultural.
METODE PEMBELAJARAN             :
1.    Diskusi Kelompok
2.    Tanya Jawab
3.    Penugasan Individu dan Kelompok
4.    Ceramah
LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.    Kegiatan Awal :
Memeriksa kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
a.    Apersepsi
b.    Motivasi
c.    Penjelasan korelasi materi sebelum dengan sekarang
      2.  KEGIATAN INTI
           a. Siswa dibagi dalam kelompok mendiskusikan tema  “ kelompok social dalam
                masyarakat multicultural” . Dengn pertanyaan penuntun :
       1.  jelaskan tipe kelompok social dalam masyarakat multicultural.rikutnya
       2. bagaimana perkembangan kelompok social dalam masyarakat 
            multicultural.
b.  Masing-masing Kelompok menggali materi dari berbagai sumber
           c.  Setiap kelompok melaporkan hasil diskusi kelompok dalam diskusi pleno.
d.   Guru mengklarifikasi  ketika materi diskusi tidak terarah
      Kegiatan Akhir      :
Siswa dan guru melakukan refleksi

SUMBER PEMBELAJARAN / MEDIA     :

1.    Sosiologi pengantar

2.    Sosiologi Paket Kelas XI

3.    POWER POINT
4.    T.Gunawan, PNRI Cabang Kupang 2010

PENILAIAN            :
1.    Teknik                           : tes tertulis
2.    Bentuk Instrumen         : tes uraian
    Soal Instrumen  1.  jelaskan tipe kelompok social dalam masyarakat multicultural.
                    2.  bagaimana perkembangan kelompok social dalam masyarakat
                         multicultural. .

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama




















Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6









Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.
Penskoran:                                                    Jumlah skor:
A. Tidak Baik              Skor 1                         24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik            Skor 2                                     18—23 = Baik
C. Cukup Baik            Skor 3                                     12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4                                     6—11 = Kurang
E. Sangat Baik            Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSi

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst







Keterangan:                                                                Rentang skor : 1—3
16.  Aktivitas dalam kelompok                                             2—15             = Sangat baik 
17.  Tanggung jawab individu                                               9—11              = Baik 
18.  Pemikiran                                                                       6—8                = Cukup         
19.  Keberanian berpendapat                                               3—5                = Kurang       
Kupang,   24 Juli  2010
Guru Mata pelajaran




Tiburtiusgunawan,sm,s.sos
Nip.195611221986031005
20.  Keberanian tampil         
Mengetahui   
Kepala SMAK Giovanni Kupang           




Rm.Stefanus Mau pr.          
NIK:      11321112         
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

SEKOLAH                              : SMAK GIOVANNI  
MATA PELAJARAN               : Sosiologi
KELAS / PROGRAM             : XI ( Sebelas ) / IPS
 ALOKASI WAKTU                 : 6.jam x 40 menit
SEMESTER                           : 2 ( Dua )

STANDAR KOMPETENSI    :
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multi kultural

KOMPETENSI DASAR         :
Menganalisis keaneka ragaman kelompok sosial dalam masyarakat  multi kultural

INDIKATOR                            :
Menjelaskan dengan contoh kasus keaneka ragaman kelompok sosial

TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa mampu mengidentifikasi kelompok sosial masyarakat multi  kultural


MATERI PEMBELAJARAN   :
Kasus keaneka ragaman kelompok sosial

METODE PEMBELAJARAN             :
  1. Diskusi Kelompok
  2. Tanya Jawab
  3. Penugasan Individu dan Kelompok
  4. Ceramah

LANGKAH – LANGKAH  KEGIATAN PEMBELAJARAN :
  1. Kegiatan Awal :
Memeriksa kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
e.    Apersepsi
f.     Motivasi
g.    Penjelasan korelasi materi sebelum dengan sekarang
2.    Kegiatan Inti                :
a.    Siswa menunjukkan kelompok – kelompok sosial yang sedang dalam keadaan konflik di lingkungan sekitar
b.    Siswa menunjukkan cara – cara penanggulangan konflik dalam masyarakat multicultural  atau konflik antara kelompok social.
3.    Kegiatan Akhir             :
a.    Siswa dan guru melakukan refleksi
b.    Siswa mendapatkan tugas untuk pembelajaran berikutnya

SUMBER PEMBELAJARAN /MEDIA           :
1.    Sosiologi Paket Kelas XI
2.    Media massa
3.    POWER POIT
4.    T.Gunawan, PNRI Cabang Kupang 2010
PENILAIAN                             :
1.    Teknik              : tes tertulis
2.    Bentuk Instrumen        : tes uraian
3.    Soal Instrumen            :
1)    Bedakan antara kelompok sosial dan gang !
2)    Tunjukkan beberapa upaya penanggulangan kasus kelompok sosial ?

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok

No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama
























Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6









Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.
Penskoran:                                                    Jumlah skor:
A. Tidak Baik              Skor 1                         24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik            Skor 2                                     18—23 = Baik
C. Cukup Baik            Skor 3                                     12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4                                     6—11 = Kurang
E. Sangat Baik            Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







Keterangan:                                                                        Rentang skor : 1—3
a.    Aktivitas dalam kelompok                                 2—15             = Sangat baik 
b.    Tanggung jawab individu                                   9—11              = Baik 
c.    Pemikiran                                                           6—8                = Cukup         
d.    Keberanian berpendapat                                   3—5                = Kurang       
e.    Keberanian tampil         
Mengetahui   
Kepala SMAK Giovanni Kupang         




Rm.Stefanus Mau pr.          
NIK:      11321112         
Kupang,   24 Juli  2010
Guru Mata pelajaran




Tiburtiusgunawan,sm,s.sos
Nip.195611221986031005





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

SEKOLAH                              : SMAK GIOVANNI
MATA PELAJARAN               : Sosiologi
KELAS / PROGRAM             : XI ( Sebelas ) / IPS 
ALOKASI WAKTU                  : 6 jam x 45menit
SEMESTER                           : 2 ( Dua )

STANDAR KOMPETENSI    :
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multi kultural

KOMPETENSI DASAR                     :
Mendiskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multi   kultural

INDIKATOR                                        :
Mengidentifikasi ciri – ciri masyarakat multi kultural
Mengidentifikasi faktor – faktor yang menyebabkan terbentuknya  masyarakat multi kultural

TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa mampu mengidentifikasi karakter masyarakat multi kultural


MATERI PEMBELAJARAN   :
  1. Ciri – ciri masyarakat multi cultural
  2. Faktor – faktor yang menyebabkan terbentuknya masyarakat multi kultural

METODE PEMBELAJARAN             :
  1. Diskusi Kelompok
  2. Tanya Jawab
  3. Penugasan Individu dan Kelompok
  4. Ceramah

LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal       :
Memeriksa kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
Apersepsi
                Motivasi
Penjelasan korelasi materi sebelum dengan sekarang
Kegiatan Inti                      :
Menerangkan materi pokok melalaui peta konsep.
Membagi siswa dalam  kelompok dengan membahas  tema : ciri-ciri dan factor terbentuk masyarakat multicultural
Masing-masing Kelompok menggali materi dari berbagai sumber
Setiap kelompok melaporkan hasil diskusi kelompok dalam diskusi pleno.
Guru mengklarifikasi  ketika materi diskusi tidak terarah
      Kegiatan Akhir      :
     Siswa dan guru melakukan refleksi

SUMBER PEMBELAJARAN /MEDIA           :

1.    Sosiologi pengantar

2.    Sosiologi Paket Kelas XI

  1. Power point
  2. T.Gunawan, PNRI Cabang Kupang 2010
PENILAIAN                             :
  1. Teknik                                     : tes tertulis
  2. Bentuk Instrumen       : tes uraian
  3. Soal Instrumen           
a.    apa yang dimaksudkan dengan masyarakat multicultural?
b.     jelaskan cirri-ciri dan fektor terbentuknya masyarakat multicultural?:

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama



























Keterangan: nilai maksimal 20 LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6












Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.
Penskoran:                                                    Jumlah skor:
A. Tidak Baik              Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik            Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik            Skor 3             12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4             6—11 = Kurang
E. Sangat Baik            Skor 5

 

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI


No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                Rentang skor : 1—3
  1. Aktivitas dalam kelompok                           12—15= Sangat baik    
  2. Tanggung jawab individu                              9—11= Baik     
  3. Pemikiran                                                        6—8    = Cukup         
  4. Keberanian berpendapat                               3—5     = Kurang       
  5. Keberanian tampil                                                                                 , 21 Juli 2009       
Mengetahui   
Kepala SMAK Giovanni Kupang    




Rm.Stefanus Mau pr.          
NIK:      11321112         
Kupang,   24 Juli  2010
Guru Mata pelajaran




Tiburtiusgunawan,sm,s.sos
Nip.195611221986031005
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

SEKOLAH                              : SMA
MATA PELAJARAN               : Sosiologi
KELAS / PROGRAM               : XI ( Sebelas ) / IPS
ALOKASI WAKTU                  : 3 jam x 45menit
SEMESTER                           : 2 ( Dua )

STANDAR KOMPETENSI    :
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multi kultural
KOMPETENSI DASAR :
Mendiskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multi   kultural
INDIKATOR :
Mendeskripsikan keanekaragaman  suku bangsa  di Indonesia

TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa mampu menjelaskan  keanekaragaman  suku bangsa/ Kelompok social 
di Indonesia
MATERI PEMBELAJARAN   :
Kelompok social dalam analisis sosiologis.
METODE PEMBELAJARAN             :
1.    Diskusi Kelompok
2.    Tanya Jawab
3.    Penugasan Individu dan Kelompok
4.    Ceramah

LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
  1. Kegiatan Awal :
Memeriksa kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
Apersepsi
Motivasi
  1. Kegiatan Inti
           Penjelasan korelasi materi sebelum dengan sekarang Kegiatan Inti :                       
Menerangkan materi pokok melalaui peta konsep.
            Diskusi kelompok dengan tema Kelompok social dalam analisis sosiologis.
            pertanyaan penuntun :

              1.  apa yang dimaksudkan dengan kelompok social.

               2. jelaskan arti  penting kelompok social dalam analisis   sosiologis

            Masing-masing Kelompok menggali materi dari berbagai sumber
            Setiap kelompok melaporkan hasil diskusi kelompok dalam diskusi pleno.
            Guru mengklarifikasi  ketika materi diskusi tidak terarah
  1. Kegiatan Akhir            :
Siswa dan guru melakukan refleksi

 

SUMBER PEMBELAJARAN /MEDIA           :

  1. Sosiologi pengantar
  2. Sosiologi Paket Kelas XI
  3. POWER POINT
  4. T.Gunawan, PNRI Cabang Kupang 2010
PENILAIAN                             :
  1. Teknik                                     : tes tertulis
  2. Bentuk Instrumen       : tes uraian

   Soal Instrumen        

                1.apa yang dimaksudkan dengan kelompok social.

                2. jelaskan arti  penting kelompok social dalam analisis   

                  sosiologis

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama






























Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6











Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara
Penskoran:                                                    Jumlah skor:
A. Tidak Baik              Skor 1                         24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik            Skor 2                         18—23 = Baik
C. Cukup Baik            Skor 3                                     12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4                                     6—11 = Kurang
E. Sangat Baik            Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst







Keterangan:                                                                Rentang skor : 1—3
a.    Aktivitas dalam kelompok         2—15             = Sangat baik 
b.    Tanggung jawab individu           9—11              = Baik 
c.    Pemikiran                                   6—8               = Cukup          
d.    Keberanian berpendapat           3—5               = Kurang         
e.    Keberanian tampil         
Mengetahui   
Kepala SMAK Giovanni Kupang    




Rm.Stefanus Mau pr.          
NIK:      11321112         

Kupang,   24 Juli  2010
Guru Mata pelajaran




Tiburtiusgunawan,sm,s.sos
Nip.195611221986031005

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

SEKOLAH                              : SMA  
MATA PELAJARAN   : Sosiologi
KELAS / PROGRAM             : XI ( Sebelas ) / IPS 
ALOKASI WAKTU                  : 3 jam x 45 menit
SEMESTER                           : 2 ( Dua )

STANDAR KOMPETENSI    :
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multi kultural

KOMPETENSI DASAR         :
Menganalisis keaneka ragaman kelompok sosial dalam masyarakat  multi kultural

INDIKATOR                                        :
    1.Menjelaskan tipe kelompok social dalam masyarakat   
        multicultural.
    2.mendeskripsikan perkembangan kelompok social dalam   
       masyarakat  multicultural.

TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa mampu mengidentifikasi tipe kelompok social dalam masyarakat multicultural
Siswa mampu mendeskripsikan perkembangan kelompok social dalam masyarakat  multicultural.

MATERI PEMBELAJARAN   :
  kelompok social dalam   masyarakat multicultura :
  tipe kelompok social dalam masyarakat multicultural.
  perkembangan kelompok social dalam masyarakat  multicultural.

METODE PEMBELAJARAN             :
  1. Diskusi Kelompok
  2. Tanya Jawab
  3. Penugasan Individu dan Kelompok
  4. Ceramah

LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
  1. Kegiatan Awal :
Memeriksa kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
a.    Apersepsi
b.    Motivasi
c.    Penjelasan korelasi materi sebelum dengan sekarang

       2.  KEGIATAN INTI
          a. Siswa dibagi dalam kelompok mendiskusikan tema  “
               kelompok social dalam   masyarakat  multicultural” .  
               Dengn pertanyaan penuntun :
    1.jelaskan tipe kelompok social dalam masyarakat   
         multicultural.rikutnyamasyrakat  multicultural.       
                2. bagaimana perkembangan kelompok social dalam
b. Masing-masing Kelompok menggali materi dari berbagai  sumber
           c.  Setiap kelompok melaporkan hasil diskusi kelompok dalam diskusi pleno.
           d. Guru mengklarifikasi  ketika materi diskusi tidak terarah
  
     3.   Kegiatan Akhir             :Siswa dan guru melakukan refleksi

SUMBER PEMBELAJARAN       :

1.   Sosiologi Paket Kelas XI

  1. T.Gunawan, PNRI Cabang Kupang.2010

PENILAIAN                                   :
  1. Teknik                                     : tes tertulis
  2. Bentuk Instrumen       : tes uraian
Soal Instrumen
1.jelaskan tipe kelompok social dalam masyarakat      
    multicultural.
        2. bagaimana perkembangan kelompok social dalam  
            masyarakat multicultural. .
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama


























Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6












Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.
Penskoran:                                                    Jumlah skor:
A. Tidak Baik              Skor 1             24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik            Skor 2             18—23 = Baik
C. Cukup Baik            Skor 3                         12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4                         6—11 = Kurang
E. Sangat Baik            Skor 5

 

 

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                Rentang skor : 1—3
21.  Aktivitas dalam kelompok         2—15  = Sangat baik
22.  Tanggung jawab individu           9—11  = Baik 
23.  Pemikiran                                               6—8                = Cukup         
24.  Keberanian berpendapat           3—5                = Kurang       
Kupang,   24 Juli  2010
Guru Mata pelajaran




Tiburtiusgunawan,sm,s.sos
Nip.195611221986031005
25.  Keberanian tampil         
Mengetahui   
Kepala SMAK Giovanni Kupang    




Rm.Stefanus Mau pr.          
NIK:      11321112         


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

SEKOLAH                              : SMA  
MATA PELAJARAN               : Sosiologi
KELAS / PROGRAM             : XI ( Sebelas ) / IPS 
ALOKASI WAKTU                  : 6.jam x 45 menit
SEMESTER                           : 2 ( Dua )

     STANDAR KOMPETENSI           :
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multi kultural

     KOMPETENSI DASAR    :
Menganalisis keaneka ragaman kelompok sosial dalam masyarakat  multi kultural

     INDIKATOR :
Menjelaskan dengan contoh kasus keaneka ragaman kelompok sosial

TUJUAN PEMBELAJARAN        :

Siswa mampu mengidentifikasi kelompok sosial masyarakat multi  kultural


MATERI PEMBELAJARAN         : Kasus keaneka ragaman kelompok sosial

METODE PEMBELAJARAN       :
  1. Diskusi Kelompok
  2. Tanya Jawab
  3. Penugasan Individu dan Kelompok
  4. Ceramah

    LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
  1. Kegiatan Awal :
Memeriksa kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
a.    Apersepsi
b.    Motivasi
c.    Penjelasan korelasi materi sebelum dengan sekarang
4.    Kegiatan Inti                :
a.    Siswa menunjukkan kelompok – kelompok sosial yang sedang dalam keadaan konflik di lingkungan sekitar
b.    Siswa menunjukkan cara – cara penanggulangan konflik dalam masyarakat multicultural  atau konflik antara kelompok social.
5.    Kegiatan Akhir             :
a.    Siswa dan guru melakukan refleksi
b.    Siswa mendapatkan tugas untuk pembelajaran berikutnya

     SUMBER PEMBELAJARAN /MEDIA      :
  1. Sosiologi Paket Kelas XI
  2. Media massa
  3. Power point
  4. T.Gunawan.  PNRI Cabang Kupang.2010
 
  PENILAIAN                           :
  1. Teknik                                     : tes tertulis
  2. Bentuk Instrumen       : tes uraian
  3. Soal Instrumen            :
a.    Bedakan antara kelompok sosial dan gang !
b.    Tunjukkan beberapa upaya penanggulangan kasus kelompok sosial ?




Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
           

No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama








 



























Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6










Aspek yang dinilai:
1.    Kemampuan menyampaikan pendapat.
2.    Kemampuan memberikan argumentasi.
3.    Kemampuan memberikan kritik.
4.    Kemampuan mengajukan pertanyaan.
5.    Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
6.    Kelancaran berbicara.
Penskoran:                                                    Jumlah skor:
A. Tidak Baik              Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik            Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik            Skor 3             12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4             6—11 = Kurang
E. Sangat Baik            Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2








Keterangan:                                                    Rentang skor : 1—3
a.    Aktivitas dalam kelompok         12—15  = Sangat baik           
b.    Tanggung jawab individu           9—11    = Baik           
c.    Pemikiran                                   6—8      = Cukup       
d.    Keberanian berpendapat           3—5    = Kurang       
e.    Keberanian tampil                  
Mengetahui   
Kepala SMAK Giovanni Kupang           




Rm.Stefanus Mau pr.          
NIK:      11321112         
        
Kupang,   24 Juli  2010
Guru Mata pelajaran




Tiburtiusgunawan,sm,s.sos
Nip.195611221986031005
                                            ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar